INFOCPNS Yang Harus Kamu Ketahui Tentang MPASI - Rista Bola

Yang Harus Kamu Ketahui Tentang MPASI



Apa itu MPASI?

MPASI adalah singkatan dari "Makanan Pendamping ASI". MPASI adalah makanan yang diberikan pada bayi setelah usia enam bulan ketika bayi mulai membutuhkan sumber nutrisi tambahan selain ASI atau formula. MPASI bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.

MPASI bisa berupa makanan padat atau cair, seperti pure buah dan sayuran, sereal bayi, bubur nasi, atau jus buah. Saat memberikan MPASI, penting untuk memilih makanan yang tepat dan memberikan jumlah yang tepat untuk usia bayi, serta memperkenalkan makanan baru perlahan-lahan untuk menghindari reaksi alergi. Selain itu, bayi harus tetap diberikan ASI atau formula sebagai sumber utama nutrisi hingga usia dua tahun. 

Manfaat MPASI

MPASI memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan bayi, di antaranya:

  • Meningkatkan asupan nutrisi: MPASI memberikan sumber nutrisi tambahan bagi bayi yang sedang tumbuh dan berkembang. MPASI dapat memberikan nutrisi yang penting, seperti protein, vitamin, mineral, dan serat yang tidak cukup tercukupi hanya dari ASI atau formula.
  • Membantu perkembangan motorik: Saat bayi mulai makan makanan padat, mereka harus belajar untuk mengunyah dan menelan makanan, yang dapat membantu perkembangan motorik mereka.
  • Membantu perkembangan bahasa: Makan bersama keluarga dapat membantu bayi belajar dan memperkaya kosa kata mereka.
  • Menjalin hubungan sosial: Saat bayi mulai makan makanan padat, mereka dapat bergabung dalam makanan keluarga dan makan bersama, yang dapat membantu membangun hubungan sosial dan ikatan antara bayi dan keluarganya.
  • Membantu mengembangkan selera makan yang sehat: Saat bayi terbiasa dengan makanan yang bervariasi, mereka lebih mungkin untuk mengembangkan selera makan yang sehat dan terbiasa dengan berbagai jenis makanan.

Penting untuk diingat bahwa MPASI harus diberikan dengan hati-hati dan sesuai dengan kebutuhan bayi untuk menghindari masalah kesehatan yang mungkin timbul.

Waktu pemberian MPASI

Waktu yang tepat untuk memberikan MPASI pada bayi adalah setelah bayi mencapai usia enam bulan. Bayi yang sudah mencapai usia ini, sudah mulai menunjukkan tanda-tanda yang siap untuk menerima makanan padat, seperti:

  • Mampu duduk tegak dengan bantuan atau sendiri.
  • Mulai menunjukkan minat pada makanan orang dewasa dan mencoba mengambil makanan dengan tangan mereka sendiri.
  • Mampu menggerakkan lidah dan mulut dengan koordinasi yang baik.

Pemberian MPASI sebelum usia enam bulan tidak dianjurkan karena usus bayi belum cukup matang untuk mencerna makanan padat. Selain itu, ASI atau formula masih merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi pada usia ini.

Pada saat yang sama, MPASI tidak boleh ditunda terlalu lama setelah bayi mencapai usia enam bulan. Bayi perlu nutrisi tambahan dari makanan padat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Jika MPASI ditunda terlalu lama, bayi dapat mengalami masalah kesehatan seperti anemia gizi dan kurangnya nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal.