INFOCPNS Penjadwalan Rasio Respons Tertinggi Berikutnya HRNN - Rista Bola

Penjadwalan Rasio Respons Tertinggi Berikutnya HRNN

Penjadwalan Rasio Respons Tertinggi Berikutnya

Highest Response Ratio Next (HRNN) adalah salah satu algoritma penjadwalan yang paling optimal. Ini adalah algoritma non-preemptive di mana penjadwalan dilakukan berdasarkan parameter tambahan yang disebut Rasio Respons. Rasio Respons dihitung untuk setiap pekerjaan yang tersedia dan Pekerjaan dengan rasio respons tertinggi diberikan prioritas di atas yang lain.

Rasio Respons dihitung dengan rumus yang diberikan.
Response Ratio = (W+S)/S   

Dimana, 

W → Waiting Time   

S → Service Time or Burst Time   

Jika kita melihat rumusnya, kita akan melihat bahwa pekerjaan dengan waktu burst yang lebih pendek akan diprioritaskan tetapi juga termasuk faktor tambahan yang disebut waktu tunggu. Sejak, 

HRNN α W  

            HRNN α (1/S)  

Karena itu,

  1. Algoritma ini tidak hanya menyukai pekerjaan yang lebih pendek tetapi juga memperhatikan waktu tunggu dari pekerjaan yang lebih lama.
  2. Modenya non preemptive sehingga pengalihan konteks minimal dalam algoritme ini. 

Contoh HRNN

Dalam contoh berikut, ada 5 proses yang diberikan. Waktu kedatangan dan Burst Time mereka diberikan dalam tabel
Pada waktu 0, Proses P0 tiba dengan waktu ledakan CPU sebanyak 3 unit. Karena ini adalah satu-satunya proses yang sampai sekarang maka ini akan segera dijadwalkan.

P0 dieksekusi untuk 3 unit, sementara hanya satu proses P1 tiba pada waktu 3. Proses ini akan segera dijadwalkan karena OS tidak memiliki pilihan.

P1 dijalankan untuk 5 unit. Sementara itu, semua proses tersedia. Kita harus menghitung Rasio Respon untuk semua pekerjaan yang tersisa.
RR (P2) = ((8-4) +4)/4 = 2  
RR (P3) = (2+1)/1 = 3  
RR (P4) = (0+2)/2 = 1   
Karena, Rasio Respons P3 lebih tinggi maka P3 akan dijadwalkan terlebih dahulu.
P3 dijadwalkan untuk 1 unit. Proses selanjutnya yang tersedia adalah P2 dan P4. Mari hitung rasio Respon mereka.
RR ( P2) = (5+4)/4 = 2.25  
RR (P4) = (1+2)/2 = 1.5   
Rasio respons P2 lebih tinggi maka P2 akan dijadwalkan.
Sekarang, satu-satunya proses yang tersedia adalah P4 dengan waktu ledakan 2 unit, karena tidak ada proses lain yang tersedia maka akan dijadwalkan.


Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog arahinfotech.com, Oh iya lupa, jika Sahabat memiliki tips-tips yang lebih bagus dari tips di atas, boleh dituliskan dimari caranya kelik menu bar lalu kelik kerja sama scrool kirim artikel. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen atau keluarga jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat untuk Sahabat.**