INFOCPNS Kapan roket Vulcan akan terbang - Rista Bola

Kapan roket Vulcan akan terbang

Kapan roket Vulcan akan terbang

Halo Sahabat Beritaceria.com, berjumpa lagi ya di Blog yang sama, dalam kesempatan kali ini Admin Beritaceria.com akan berbagi informasi terbaru terkait Kapan roket Vulcan akan terbang.

Roket Vulcan yang besar, yang telah menerima lusinan pesanan peluncuran dari Departemen Pertahanan AS dan Amazon untuk megakonstelasi Proyek Kuiper, akan memulai debutnya di beberapa titik tahun ini. Tapi ketika?

Menanggapi pertanyaan dari Ars, juru bicara dari pelanggan utama roket, Astrobotic, mengatakan misi tersebut ditargetkan untuk diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2023, yaitu sebelum akhir Maret. Seorang juru bicara pabrikan Vulcan, United Launch Alliance, tidak menentukan kerangka waktu, mengatakan tanggal peluncuran hanya akan ditetapkan setelah pengujian tambahan selesai.

Meskipun tidak ada tanggal peluncuran resmi, beberapa petunjuk menarik telah muncul dalam satu atau dua minggu terakhir, dan karena itu mungkin untuk membuat tebakan. Dengan banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum roket angkat berat terbang dari Cape Canaveral, Florida, target yang masuk akal untuk tanggal peluncuran yang tidak lebih awal adalah Mei 2023.

Muatan

Seperti kebanyakan proyek roket besar, debut Vulcan telah tertunda beberapa tahun. Ada dua pendorong utama penundaan misi ini, yang dikenal sebagai Cert-1 (singkatan dari "certification flight-1," yang berarti ini adalah yang pertama dari dua penerbangan demonstrasi sebelum roket disertifikasi untuk membawa muatan untuk Departemen AS. Pertahanan). Untuk Vulcan, penundaan disebabkan oleh muatan dan mesin utama roket.

Pekan lalu, Astrobotic mengumumkan bahwa pendarat Peregrine telah berhasil menyelesaikan seluruh kampanye penerimaan penerbangannya. "Peregrine sekarang siap dikirim ke Cape Canaveral, Florida ketika penyedia roket Astrobotic, United Launch Alliance, memberi lampu hijau untuk menerimanya," kata perusahaan itu. Ini adalah berita penting—hanya saja tidak menceritakan keseluruhan cerita.

Rilis ini membuatnya terdengar seperti Astrobotic hanya perlu mengirimkan pendarat dari Pittsburgh ke lokasi peluncuran, di mana ia akan dipasang di roket. Namun, mesin pendarat yang telah menjalani pengujian ekstensif di White Sands, New Mexico, masih belum siap untuk terbang dan belum terpasang pada pendarat. Perusahaan berencana untuk menyelesaikan integrasi mesin ke pendarat di lokasi peluncuran di Florida.

Mesin jelas merupakan bagian penting dari pesawat ruang angkasa. Ditanya apakah mesin Peregrine telah menyelesaikan pengujian dan telah disertifikasi untuk terbang, juru bicara Astrobotic Alivia Chapla hanya akan mengatakan, "Astrobotic's Peregrine saat ini sesuai jadwal dan akan melakukan integrasi mesin akhir."

Mesin Peregrine dikembangkan oleh Frontier Aerospace dan menggunakan teknologi baru yang dimaksudkan untuk mendemonstrasikan alat penggerak dalam ruang yang lebih ringan dan lebih murah. Ini mungkin memerlukan pengujian tambahan.

Roket

United Launch Alliance akhirnya menerima pengiriman mesin utama untuk roket Vulcan, dua mesin BE-4 yang dibuat oleh Blue Origin, selama musim gugur 2022. Sejak saat itu, perusahaan memasang mesin ini ke tahap inti Vulcan dan mengirimkan kendaraan ini beserta Centaurnya panggung atas dari pabriknya di Alabama ke lokasi peluncuran.

Perangkat keras ini sedang menjalani pemrosesan pra-peluncuran, setelah itu Vulcan akan menjalani serangkaian tes verifikasi kesiapan penerbangan. Ini termasuk beberapa tes tanking dan gladi resik basah, yang berpuncak pada penembakan kesiapan terbang mesin. "Kami akan menetapkan tanggal peluncuran setelah berhasil menyelesaikan tes kesiapan penerbangan," kata juru bicara United Launch Alliance Jessica Rye kepada Ars.

Mesin BE-4 Blue Origin yang kuat terlambat lebih dari empat tahun, inilah alasannya

Dengan asumsi tes ini berjalan dengan baik tentu saja tidak diberikan, tetapi United Launch Alliance telah mempersiapkan kegiatan ini dengan hati-hati dan memiliki pengalaman operasional puluhan tahun Vulcan akan siap untuk integrasi muatan pendarat Astrobotic, dua satelit uji Project Kuiper, dan muatan komersial dari Celestis. Waktunya mungkin bergantung pada mesin Peregrine.

Ada kendala waktu lainnya juga. United Launch Alliance memiliki peluncuran mendatang yang sangat penting untuk NASA dan Boeing. Sekitar seminggu yang lalu, NASA mengonfirmasi bahwa penerbangan berawak pertama di pesawat ruang angkasa Boeing's Starliner akan diluncurkan dengan roket Atlas V pada bulan April. Karena roket Atlas V dan Vulcan United Launch Alliance akan berbagi landasan peluncuran di Cape Canaveral, Space Launch Complex-41, penerbangan luar angkasa manusia yang kritis ini mungkin akan terjadi sebelum Vulcan.

Ini sangat mungkin mendorong debut Vulcan hingga Mei. Kesiapan Peregrine, dan kemajuan yang dibuat selama pengujian Vulcan, dapat mendorong tanggal tersebut di akhir tahun.*

Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Beritaceria.com, Oh iya lupa, jika Sahabat memiliki tips-tips yang lebih bagus dari tips di atas, boleh dituliskan dimari caranya kelik menu bar lalu kelik kerja sama scrool kirim artikel. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen atau keluarga jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat untuk Sahabat. 

Penulis Artikel
  1. Penulis  : Rizky Kharisma
  2. Sumber : Detik.edu

📢 Baca Juga :