INFOCPNS 10 kesalahan fatal yang sering terjadi pada para pemula Blogger - Rista Bola

10 kesalahan fatal yang sering terjadi pada para pemula Blogger

10 kesalahan fatal yang sering terjadi pada para pemula Blogger

Halo Sahabat Beritaceria.com, berjumpa lagi ya di Blog yang sama, dalam kesempatan kali ini Admin Beritaceria.com akan berbagi informasi tentang 10 kesalahan fatal yang sering terjadi pada para pemula Blogger.

Beritaceria.com - Menjadi seorang blogging merupakan sebuah perkerjaan yang terdengar mudah dan menggiurkan. Pekerjaanya hanya duduk di depan komputer/leptop, menulis artikel, dan mendapatkan cuan.

Begitulah yang sering terbersit dipikiran para blogging pemula. Sehingga mereka lupa ada hal penting lain yang harus mereka pikirkan selain membuat konten artikel.

Sahabat, akibatnya dalam pemikiran tersebut, ada beberapa kesalahan fatal yang dilakukan oleh blogging yang baru belajar membangun sebuah blog.

Kesalahan ini yang akan kita bahas lebih spesifik tentang masalah cara posting, memilih template, dan desain tampilan. Untuk lebih jelasnya simak beberapa poin berikut ini ya.

1. Asal-asalan membuat Posting Gambar

Sahabat blogging yang baru merintis sebuah blog seringkali menggunakan gambar yang langsung di download dari Google tanpa sahabat edit terlebih dahulu.

Akibatnya, gambar thumbnail yang di masukkan ke dalam blog memiliki ukuran sangat besar. Hal ini berakibat memperlambat loading blog dan menurunkan scorenya performanya.

Seharusnya sahabat, setiap ingin upload gambar di blog, terlebih dahulu mengkompres gambar tersebut agar size nya berkurang.

Semakin besar ukuran 'Kilobytes' atau 'Megabytes' picture, maka semakin besar pengaruhnya terhadap kecepatan pada blog dan semakin memperberat pemuatan kontennya.

Ukuran yang mimin sarankan yakni kurang dari '100 Kb'. Jangan sampai, gambar yang di upload malah lebih besar dari '1 MB'.

Sahabat, Cara kompres ukuran gambar sangat banyak pada platfrom, Sahabat bisa memakai platfrom aplikasi android, bisa juga memakai software windows ataupun tools pada website.

2. Tidak Mengoptimalkan Meta Deskripsi

Sahabat Musti paham, Meta deskripsi merupakan salah satu komponen penting yang bisa memudahkan artikel kita terindeks oleh mesin pencarian pada googel. Sebagai blogger pemula, hal ini tentu sangat penting sekali karena mampu membuat karya kita semakin banyak dibaca sama pengguna jejaring internet. Sayangnya, tidak semua para blogger pemula jeli dalam melihat peluang ini sehingga kolom meta deskripsi sering kali dilewati atau tidak dioptimasi sama sekali.

Sahabat, Bagi para blogger pemula yang menggunakan platform blogspot, Sahabat bisa mengatur meta deskripsi dengan cara mengaktifkannya terlebih dahulu caranya kelik Setting > Search Prefererences, kemudian di bagian Deskripsi diisi dengan kalimat yang mencerminkan konten pada website sahabat.

Sementara untuk pengguna diplatform WordPress pengaturan meta deskripsi salah satunya bisa dilakukan melalui plugin pro Yoast SEO. Jadi, Sahabat terlebih dahulu harus menginstall plugin ini kedalam website sahabat.

3. Memilih Template Blog Berdasarkan Keindahan

Sahabat, Tidak ada salahnya ketika memilih template yang enak dilihat, namun kecepatan dan struktur template juga perlu dipertimbangkan juga loh.

Terkadang template yang terlihat keren, malah sulit di index oleh mesin pencarian pada Google. Bisa karena meta tag dan struktur kode yang diperlukan tidak terdapat di dalam website sahabat.

Hal ini pasti berdampak pada SEO website menjadi buruk performanya, terlebih lagi bagi sahabat yang belum belajar tentang ilmu mengenai SEO dan belum mahir dalam mengoprek template tersebut.

Jadi mimin menyarankan gunakan tempelate yang standar saja, jika sahabat mahir dalam mengoprek tempelate tersebut sahabat pastinya akan lebih paham.

4. Asal Mendesain Template

Kebiasaan para Blogger pemula menggunakan widget dan animasi yang terlalu berlebihan. Mereka merasa semakin banyak widget yang ditampilkan, maka semakin bagus blog yang mereka punya.

Padahal, pengguna internet tujuannya yaitu mencari sebuah informasi, bukan hanya sekedar melihat-lihat widget yang berlebihan dan animasi yang terlalu alay.

Dan perlu sahabat ingat, peforma blog itu lebih penting daripada tampilan widget yang membanjiri permukaan pada halaman blog sahabat.

Terkadang mereka terlalu serakah, selalu ingin menampilkan semua hal yang mereka punya. Mulai dari channel Youtube, Fanspage Facebook, Instagram, Twitter, dan sosial media lain.

Sahabat, Bukan menjadi sebuah masalah besar jika sahabat mempunyai akun tersebut dikemas dalam bentuk tombol. Yang jadi masalah yakni menampilkan semua akun dalam bentuk banner besar seperti foto ataupun video.

5. Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Sahabat, Riset kata kunci atau riset keyword berkaitan erat dengan proses optimasi agar blog sahabat lebih mudah ditemukan di mesin pencari Googel. Kendati demikian pula, riset kata kunci tidak melulu soal mencari visitor, namun juga penting dilakukan agar tulisan sahabat lebih terstruktur dan enak untuk dibaca.

Artikel sahabat boleh saja berisi catatan harian, pengalaman pribadi atau lainya, tetapi sebelum menuliskannya sahabat bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan poin-poin menarik yang bisa memperkaya informasi.

6. Mengabaikan EYD

Sahabat, EYD atau Ejaan yang Disempurnakan memang tidak wajib digunakan dalam menulis sebuah konten pada blog sahabat. Namun, dengan menerapkan kebiasaan 'Gramar Nazi' atau maniak 'EYD' sejak dari awal sahabat akan diuntungkan dimasa yang akan datang ketika sahabat membaca kembali karya yang sudah bertahun-tahun diterbitkannya.

7. Setting Permalink Asal-Asalan

Sahabat sudah mengetahui Apa itu permalink? Permalink yaitu struktur URL yang ada di belakang nama domain. Penulisan permalink sangat penting karena bisa menarik lebih banyak pengguna dari segi SEO dan tampilan ketika dibagikan melalui media sosial yang sahabat punya.

Tips dari Mimin, buatlah permalink yang singkat dan mengandung kata kunci atau isi tulisan secara keseluruhan. Panjang permalink yang direkomendasikan berkisar antara '40-65' karakter, tetapi untuk aturan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, asal tidak terlalu panjang saja.

8. Tidak Konsisten

Sahabat musti Istiqomah ya, yang dimaksud Istiqomah adalah salah satu aktivitas yang cukup sulit dijalani. Tidak hanya bagi para blogger pemula saja, Namun juga bagi para blogger lama. Ada beragam cara agar mood sahabat tetap konsisten, salah satunya dengan memilih Topik/Nice artikel yang sesuai passionnya. Di sisi lain, Mimin sendiri sampai saat ini masih belum bisa konsisten untuk menekuni profesi sebagai full time pada blogger dan lebih memilih menekuni profesi sebagai Content Writer yang aktivitasnya tidak jauh berbeda dari seorang blogger tersebut.

9. Tidak Mendaftarkan Blog ke Google Search Console (GSC)

Setiap blog yang baru sudah bisa diakses seharusnya wajib didaftarkan ke Google Search Console. Mengapa demikian? Selain mempermudah proses web crawl mesin pencari, Google Search Console juga bakal memudahkan sahabat dalam memantau backlink ataupun kata kunci yang masuk.

10. Jarang Melakukan Promosi

Sahabat, Saat ini ada banyak strategi promosi yang bisa sahabat lakukan dengan mudah. Mulai dari menggunakan sosial media sahabat hingga melalui jaringan pribadi (japri) bisa enggunakan Messeger atau Whatsapps. Cara ini bisa sahabat lakukan setelah selesai menulis artikel ataupun ketika ada pertanyaan yang sekiranya relevan dengan postingan artikel di blog sahabat.

Itulah pembahasan malam ini terkait 10 kesalahan fatal yang sering terjadi pada para pemula Blogger. Dengan membaca postingan artikel ini sahabat Beritaceria.com diharapkan bisa lebih aware lagi untuk meminimalisir kesalahan yang sering terjadi sehingga perkembangan blog sahabat menjadi lebih optimal lagi.***

Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Beritaceria.com, Oh iya lupa, jika Sahabat memiliki tips-tips yang lebih bagus dari tips di atas, boleh dituliskan dimari caranya kelik menu bar lalu kelik kerja sama scrool kirim artikel. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen atau keluarga jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat untuk Sahabat.

Penulis : Rizky Kharisma