INFOCPNS Trik dan Tips Seleksi Penilaian Kesesuaian PPPK 2022 Guru 2022 - Rista Bola

Trik dan Tips Seleksi Penilaian Kesesuaian PPPK 2022 Guru 2022

Beritaceria.com - Didalam postingan artikel ini akan menjabarkan apa saja yang butuh dipersiapkan oleh guru pelamar P2 serta P3, dan indikator dari tiap- tiap penilaian kesesuaian PPPK Tahun 2022 oleh tim penilai.

Pada seleksi penilaian kesesuaian PPPK Tahun 2022,tim penilai akan membagikan sebesar 27 soal  kompetensi teknis serta kemampuan pada guru pelamar P2 serta P3. 

Adapun rincian indikator dari 27 soal penilaian  kesesuaian PPPK Tahun 2022 yang diserahkan oleh tim penilai pada guru pelamar P2 serta P3 sebagai berikut : 

  • Pertama dengan jumlah pertanyaan 3 yang wajib dijawab oleh tim penilai dari hasil jawaban guru pelamar P2 serta P3 dikala evaluasi kesesuaian PPPK Tahun 2022 berdasarkan hasil observasi di sekolah. 

Di penanda awal evaluasi kesesuaian PPPK Tahun 2022 ialah bagiamana guru pelamar P2 serta P3 mempraktikkan refleksi kepada pendidik belajar mengajar. 

  • Kedua Pembelajaran jumlah 3 soal, dimana di penanda kegiatan belajar mengajar ini bagimana guru pelamar P2 serta P3 mempraktikkan refleksi kepada metode berhubungan aktif dengan peserta didik (siswa).

  • Ketiga Kenyamanan dan keamanan pembelajaran jumlah soal 3 butir, indikator penilaian kesesuaian PPPK 2022 ini, yang dinilai tim penilai bagaimana guru pelamar P2 dan P3 menggunakan strategi manajemen kelas.

  • Keempat efektivitas pembelajaran dan asesmen. Indikator penilaian kelas PPPK 2022 ini, tim penilai akan menilai bagaimana guru melakukan perencanaan, pelaksanaan, asesmen dan laporan pembelajaran.

  • Kelima struktur pengetahuan, di sini masing-masing tim penilai akan menilai bagaimana guru menyusun analisis struktur dan alur pengetahuan serta tahapan penguasaan kompetensi peserta didik.

  • Keenam pengembangan diri, tiap tim penilai akan menilai bagaimana guru menunjukkan usaha mandiri untuk mempelajari keterampilan atau kemampuan baru dari berbagai media pembelajaran.

  • Ketujuh aktif berkomunikasi, tim penilai seleksi penilaian kesesuaian PPPK 2022, akan menilai bagaimana guru mendengarkan pihak lain secara aktif, menangkap dan menginterpretasikan pesan-pesan dari orang lain serta pemberian respon yang sesuai.

  • Kedelapan bekerja sama, tim penilai akan melihat bagaimana guru membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka untuk mendukung sasaran tim.

  • Kesembilan perekat kebangsaan, tim penilai akan menilai bagaimana guru membangun hubungan baik antar individu dalam organisasi, mitra kerja dan pemangku kepentingan.

Indikator penilaian kesesuaian seleksi 2022 ini tidak jauh dari tupoksi guru, dimana mulai dari pembelajaran di kelas yaitu guru melakukan refleksi, bagaimana melakukan refleksi yang baik.

Kemudian strategi pengelolaan atau manajemen kelas, lalu RPP disusun dengan baik, serta bagaimana guru melaksanakan serta asesmennya lalu laporannya seperti apa.

Selain itu, guru pelamar P2 dan P3 ini dituntut untuk belajar mandiri menggunakan berbagai media pembelajaran seperti saat ini yang berlandaskan terhadap teknologi.

Demikianlah Informasi yang dapat kami bagikan tentang tips dan trik bagaimana menjawab soal penilaian kesesuaian PPPK Tahun 2022 oleh tim penilai kepada guru pelamar P2 dan P3.***